Thursday, 27 December 2012

Peran Jejaring Sosial Facebook bagi Public Relations

Sekarang ini kita berada di kehidupan era media sosial, dimana sebagian dari hidup kita ini bernaung di dunia digital. Banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai jalur komunikasi ke berbagai belahan penjuru dunia. Bagi sebuah perusahaan yang ingin berpromosi tentu akan merubah cara berkomunikasi mereka ke dalam media sosial karena hampir dipastikan bahwa semua orang telah menggenggam dan memiliki jaringan di media sosial. Jaringan media sosial yang paling banyak penggunanya sekarang ini yaitu Facebook. Facebook sebagai media sosial merupakan hal yang biasa dan selalu berkaitan dengan aktifitas kita terutama pada kehidupan sosial dan pengguna internet.


Sifatnya yang interaktif dan sangat mendukung dengan mempermudah koreksi diantara para penggunanya yang menghasilkan jaringan yang lebih populer dan secara efektif yang bertujuan untuk menghancurkan otorisasi dari media massa tendensi. Oleh karena itu, kenapa berbagai perusahaan dan media tradisional harus lebih lagi untuk mengenal media sosial yang bertujuan untuk mengatur strategi pemasaran.

McQuail menyatakan, sebagai media baru, situs jejaring sosial memiliki beberapa kelebihan, yakni :

  • Interactivity, kemampuan sifat interaktif yang hampir sama dengan kemampuan interaktif komunikasi antarpersonal,
  • Social presence (sociability), yaitu berperanan besar membangun sense of personal contact dengan partisipan komunikasi lain,
  • Media richness, yaitu menjadi jembatan bila terjadi perbedaan kerangka referensi, mengurangi ambiguitas, memberikan isyarat-isyarat, serta lebih peka dan lebih personal,
  • Autonomy, yaitu memberikan kebebasan tinggi bagi pengguna untuk mengendalikan isi dan penggunaannya. Melalui media tersebut, peserta komunikasi dapat bersikap independen terhadap sumber komunikasi,
  • Playfulness, yaitu sebagai hiburan dan kenikmatan,
  • Privacy, yaitu fasilitas yang bisa membuat peserta komunikasi menggunakan media dan isi sesuai dengan kebutuhan,
  • Personalization, Kelebihan terakhir itu menekankan bahwa isi pesan dalam komunikasi dan penggunaannya bersifat personal dan unik.

Jika dikaitkan dengan profesi Public Relations, di dalam jejaring sosial Facebook cara Public Relations bekerja juga harus berubah. Sekarang ini berkembang istilah media sosial pemasaran dan Public Relations. Bagi perusahaan hal ini menjadi hal yang baru, kreatif, seru, dan sekaligus juga mengerikan, karena mereka tidak bisa lagi mengontrol apa yang dibicarakan masyarakat.

Public Relations merupakan sebuah profesi yang sudah ada sejak dulu. Ilmu PR sudah tertata begitu bagus dan mapan, serta diajarkan di berbagai Perguruan Tinggi, yaitu di Jurusan Komunikasi. Namun, ilmu-ilmu yang sudah mapan itu kini harus diperbarui dengan adanya media sosial, misalnya seperti Facebook.

Manfaat Facebook bagi PR
Kinerja seorang Public relations secara tidak langsung terpengaruh dari efek-efek perkembangan Facebook. Bagi seorang PR secara personal, tentu Facebook menjadi jembatan untuk memperluas relasi atau jaringan kerja sama baik antar PR ataupun hanya sekedar mancari teman baru.  Kedatangan Facebook juga membawa perubahan sangat besar terhadap institusional, dimana Facebook memudahkan PR dalam mengkomunikasikan kepada targetnya secara cepat, efisien, praktis dan murah. Dalam pemikiran Public Relations kredibilitas Facebook memang sangat tinggi karena Facebook itu sendiri adalah senjata dari Public Relations perusahaan, dimana kinerja PR dalam mendapatkan pandangan baik dan menarik perhatian oleh targetnya. Itu semua adalah efek dari Facebook. Mengawali dengan hal yang terkecil misalnya memasang status tentang kemajuan perusahaan dan perkembangannya. Yang kedua misalnya mempromosikan tentang produk-produk yang dikelola oleh perusahaan, yang ketiga melayani konsumen dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook, dan membuka stand jual beli barang lewat Facebook dengan melalui kesepakatan produsen dengan konsumen.

Pada saat ini Public Relations tidak bisa lagi hanya mengandalkan situs web, siaran pers atau kegiatan PR yang biasa dilakukan, semua orang kewalahan dengan informasi. PR lebih baik menjangkau khalayak di mana mereka yang paling mungkin untuk merespon (jaringan sosial seperti Facebook yang ideal untuk ini), atau di mana mereka akan mencari informasi ketika waktu yang tepat.

Facebook adalah hanya salah satu dari banyak saluran media sosial, PR harus mempertimbangkan bagian dari gudang ke-PR-an hari ini. Semoga saran ini menyediakan beberapa informasi yang bisa digunakan untuk mulai mengeksplorasi lebih peluang PR melalui Facebook.