Thursday 3 December 2015

iPhone 7 Beberkan Perubahan Desain Yang Radikal

iPhone 7 concept. Image credit: Marek Weidlich
iPhone sepertinya akan kembali meluncurkan smartphone versi terbarunya. Dengan logo Apple numerik diikuti oleh huruf 'S' yang dibentuk untuk menyempurnakan logo Apple, itu berarti smartphone keluaran terbarunya ini akan mendesain ulang sejak handset sebelumnya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sukses di pasaran. 

Menurut rumor dari perusahaan teknologi di China. Apple saat ini tengah bereksperimen setidaknya ada 5 perubahan atau yang berbeda pada iPhone 7, masing-masing dengan karakteristik dan hardware yang unik. Apple berusaha mencari tahu taknologi manakah yang terbaik yang akan mereka terapkan pada model iPhoen teranyar mereka.

Dikutip dari G For Games, berikut 5 perubahan tersebut;

Conector USB Type-C
Ini akan menjadi model paling praktis bagi pelanggan Apple. Didukung standar dari perusahaan yang sebelumnya hanya ada di versi MacBook baru. 

Wireless Charging
Dari rumor yang berkembang, headphone jack iPhone 7 memiliki ukuran 3,5mm dengan prototype lainnya mendukung pengisian daya nirkabel. Tidak ada informasi akurat apakah ini kompatibel dengan standar pengisian daya yang ada atau Apple telah membuatnya sendiri.

Mengingat reputasi Apple yang agak sedikit terlambat tapi bermanfaat mengenai teknologi yang di usungnya, beberapa konsumen masih ragu pada perusahaan Apple yang akan meluncurkan sesuatu jika tidak mampu menawarkan kecepatan pengisian yang standar.

Multi-touch 3D Touch
Multi-touch sendiri adalah bukan hal yang baru di dunia smartphone seperti gerakan 'pinch to zoom' (menggunakan 2 jari sekaligus). Sekarang, Apple diduga tengah menguji integrasi teknologi ini dengan Touch 3D. Bagaimana cara kerjanya? Misalnya, coba Anda bayangkan memiliki smartphone yang sangat canggih dan sentuh layar Touch 3D smartphone Anda secara simultan sebagai jalan pintas untuk tombol back, atau 3 jari digunakan untuk kembali ke Home.

Apakah ini praktis? Secara pribadi mungkin skeptis. Apple mungkin kini sedang memperluas fungsi 3D Touch-nya. Jika berhasil, itu akan menjadi perubahan yang besar tapi membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Dual Camera
Dual kamera memang sudah banyak diterapkan pada smartphone. Tapi, dual rear camera atau dual kamera belakang apakah mungkin? Mungkin saja karena sebelumnya telah hangat dibicarakan dual rear camera akan diterapkan pada versi iPhone 6S. Namun akhirnya Apple memutuskan untuk menggunakan dual kamera depan-belakang dan mengembangkan teknologinya lebih lanjut. Sementara, apa sebenarnya kekurangan pada smartphone dual kamera? Yaitu potensi untuk menawarkan optical zoom bukan digital zoom yang kebanyakan terdapat pada smartphone saat ini.

In-Display Fingerprint Recognition
Ini akan menjadi perubahan yang besar-besaran untuk Apple. In-Display Fingerprint Recognition akan memungkinan untuk perusahaan melupakan tombol Home dan mengecilkan bezel. Tombol home akan dipadukan dengan layar utama namun tidak seperti tombol navigasi yang sekarang diterapkan pada versi sebelumnya.

iPhone 7 concept of in-display fingerprint recognition. Image credit: Computer bild TV

Sudah siapkan kita dengan perubahan desain terbaru yang akan dirilis Apple yang menurut berbagai sumber akan hadir di tahun 2016. Ragu mungkin, tapi consumer tidak akan terkejut jika Apple akan benar-benar menerapkan kelima perubahan tersebut. Kita tunggu saja.


Tags: smartphone, apple, iphone, news, techno