Friday 11 January 2013

Search Enginge Optimization (SEO)

Search Enginge Optimization, kepanjangan dari SEO, artinya melakukan optimasi pada website agar tampil/tayang dihalaman utama mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau yang lainnya. Dengan munculnya website dihalaman utama mesin pencari, maka si pencari tentu akan lebih tertarik membuka website tersebut. 

http://ahsugan.blogspot.com/

Agar website muncul dihalaman utama mesin pencari, selain mendaftarkan nama web ke mesin pencari tersebut, juga website harus mempunyai konten yang menarik yang banyak dicari orang. Traffic pada suatu website pun berpengaruh agar web dapat dengan mudah muncul di mesin pencari. Urusan traffic kembali kepada konten dari web, apakah menarik atau hanya copas dari web lain.

Dengan semakin banyaknya website yang bermunculan, maka kebutuhan dan peran mesin pencari akan sangat penting, yaitu untuk memudahkan para pencari informasi dalam mencari informasi yang mereka inginkan.

SEO merupakan kegiatan yang dilakukan webmaster. Webmaster itu sendiri adalah pemilik blog atau website.  Kegiatan webmaster mengoptimalkan blog atau webnya baik dari segi internal (konten/isi) maupun dari segi eksternal (back link) agar website-nya bisa ditampilkan dihalaman utama sesuai keyword yang dicari. Targetnya adalah bisa ditampilkan dihalaman 1 - 5 halaman pencarian, lebih baik lagi bisa tampil dihalam 1 atau 2, karena jarang sekali orang mencari informasi lebih dari 5 halaman. Dalam 1 halaman saja bisa tampil 10 daftar website.

Selain target muncul dihalaman utama mesin pencari, target lain dari SEO ini adalah traffic-nya yang diberikan dari mesin pencari. Traffic SEO merupakan jumlah kunjungan baik direct langsung ke website terkait atau melalui mesin pencari.

Tips SEO untuk optimalisasi website yang dapat penulis rangkum antara lain;
1. Domain
2. Content
3. Natural Listing
4. Back Link
5. Title and Meta Tags
6. Sitemap

Domain
Adalah nama website Anda. Usahain dalam memilih nama website mudah di ingat dan menggunakan kata-kata umum, tidak panjang, atau sesuai konten atau isi website yang akan Anda posting.

Content
Adalah isi atau postingan-postingan yang akan Anda tayangkan di website. Isi dari website harus memuat kata kunci yang banyak dicari, terutama pada judul. Judul harus singkat, padat dan kena sasaran target pencari. Perlu diingat, apabila content yang Anda ambil itu re-post, siap-siap website Anda tidak akan 

Natural Listing
Adalah untuk mendaftarkan website ke mesin pencari, seperti; google, yahoo, bing, dan yang lain.

Back Link
Jika kita berkunjung ke website atau blog orang lain, contoh kita meninggalkan jejak dengan cara berkomentar dan bersamaan dengan itu kita menaruh link web/blog kita agar orang lain sudi untuk mampir ke web/blog kita.

Title and Meta Tags
Adalah membuat kata kunci untuk web/blog kita. Untuk membuat kode tagging kita bisa menggunakan jasa freewebsubmission[dot]com.

Sitemaps
Adalah halaman yang menampilkan layaknya peta. Peta disini berfungsi untuk menavigasi guna mempermudah "si laba-laba" menjaring dari mesin telusur dan meng-update setiap perubahan atau terdapat postingan baru di web/blog. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan jasa xml-sitemaps[dot]com.